Blog Tentang Pendidikan, Sastra dan Semesta

MENILAI KARYA MELALUI RESENSI


Resensi

Pengertian Resensi

Secara etimologi, Resensi berasal dari Belanda resentie dan Bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang memiliki arti mengulas kembali atau melihat kembali. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.

Sedangkan, Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonsia), Resensi diartikan sebagai pertimbangan atau pembicaraan dan ulasan tentang buku.

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu resensi. Berikut ini kumpulan pengertian resensi menurut para ahli secara lengkap,

Saryono (1997:56)

Resensi adalah sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Yang di dalam nya berisi laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku.

WJS. Poerwadarminta (dalam Romli, 2003:75)

Ia menjelaskan resensi secara bahasa sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Perbincangan yang terdapat pada buku tersebut dimuat di surat kabar atau majalah.

Euis Sulastri dkk

Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie, yang berarti kupasan atau pembahasan. Jadi secara singkatnya Pengertian resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.

Panuti Sudjiman (1984)

Resensi adalah hasil pembahasan serta penilaian yang pendek mengenai suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.

Unsur-unsur Resensi

Agar dapat dikatakan utuh, terdapat beberapa unsur yang harus ada di resensi, berikut ini adalah unsur-unsurnya.

1. Judul

Judul semestinya harus mempunyai kesinambungan dengan isi resensi agar judul tersebut menarik karena judul yang menarik akan memberikan nilai lebih tersendiri.

2. Identitas buku

Penyusunan data buku dapat dilakukan dengan sebagai berikut.

  • Judul buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun terbit beserta cetakannya
  • Dimensi buku
  • Harga buku

3. Isi resensi buku

Bagian ini berisi tentang sinopsis, yaitu ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.

4. Penutup resensi buku

Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Struktur Teks Resensi

  • Identitas,  mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Pada bagian ini umumnya tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.
  • Orientasi, Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penilaian yang baik dari si pembaca & penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.
  • Sinopsis, berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  • Analisis, berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
  • Evaluasi, berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Jenis-Jenis Resensi

Resensi dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

1. Resensi informatif

Resensi informatif adalah resensi yang disampaikan dengan singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.

2. Resensi deskriptif

Resensi deskriptif adalah resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau babnya.

3. Resensi kritis

Resensi kritis merupakan sebuah resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi kritis biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.

Tujuan Resensi

  • Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah hasil karya secara ringkas.
  • Mengetahui kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi.
  • Mengenal latar belakang dan alasan sebuah karya dibuat.
  • Menguji kualitas karya dan membandingkannya terhadap karya lainnnya.
  • Memberi masukan kepada pembuat karya berupa kritik dan saran.
  • Mengajak pembaca untuk mendiskusikan karya yang diresensi.
  • Memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang karya yang diresensi.

Manfaat Resensi

Berikut ini beberapa manfaat resensi,

1. Bahan pertimbangan

Memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.

2. Nilai ekonomis

Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.

3. Sarana promosi buku

Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Sehingga, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

4. Pengembangan Kreativitas

Jika semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan agar bisa mengembangkan kreativitas menulis.

Demikianlan ulasan mengenai pengertian resensi beserta jenis, tujuan, struktur, manfaat dan unsur unsurnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami apa itu resensi secara benar.

Menganalisis Kebahasaan dalam Teks Resensi

Teks resensi mempunyai ciri-ciri atau kaidah kebahasaan sebagai berikut:

1. Istilah atau kata teknis

Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Setiap kita mempelajari materi tentang teks apapun biasanya kita sudah membahas tentang istilah atau kata-kata teknis. Tentu kalian sudah paham betul tentang istilah atau kata-kata teknis.

2. Kata benda (nomina)

Nomina atau kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda atau segala yang dibendakan.

Ciri-ciri kata benda:
a. Menjawab: Ini apa?
b. Biasanya berimbuhan pe-an, dan ke-an
c. kata benda dibagi menjadi dua jenis, yaitu: kata benda konkret (seperti gawai, meja, pensil, rambut, dll.) dan kata benda abstrak (seperti pikiran dan angan)


3. Kata kerja (verba)

Verba adalah kata yang menggambarkan proses, pembuatan, atau keadaan.
Ciri-ciri verba:
a. Menjawab: Sedang apa?
b. Biasanya berimbuhan: me-, ber-, (verba aktif), dan di- (verba pasif)
c. Kata kerja juga  dibagi lagi menjadi kata kerja material dan kata kerja relasional.
     1) Kata kerja material, yaitu kata kerja yang menyatakan kegiatan fisik atau proses, misalnya makan. minum, tidur,berbicara, bertepuk tangan, dll.
     2) Kata kerja relasional adalah kata kerja yang berfungsi untuk membentuk predikat nominal (kata-kata kompulatif) dan juga membantu memperjelas predikat (kata kerja bantu). Contoh kata kerja kompulatif: bernama, disebut, menjadi, merupakan, adalah, ialah, yaitu, dan yakni. Contoh kata kerja relasional sebagai kata bantu yaitu pasti, harus, perlu, wajib, mungkin, boleh, harap, bisa, hendak, ingin, mau, akan, dapat, dan ada.


4. Pronomina (kata ganti)

Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
Contoh pronomina:
a. Kata ganti orang: saudara, bapak, ibu, paman, tuan,dia, aku, dll.
b. Kata ganti pemilik: ku-, mu-, -nya
c. kata ganti penghubung: yang
d. Kata gantitak tentu: siapa, barang siapa, sesuatu, masing-masing

5. Konjungsi (kata hubung)
Konjungsi adalah kata tugas atau penghubung yang berfungsi menghubungkan dua buah, klausa, kalimat, atau paragraf. contoh: dan, atau, tetapi, jika, agar, baik...., maupun..., sebaliknya , dll.

6. Preposisi (kata depan)
Preposisi  adalah kata tugas yang berfungsi sebagai unsur pembentuk frasa preposisional. Preposisi harus ditulis terpisah dengan kata di depannya. Penting dipahami biasanya sering kita salah menulis preposisi dengan cara dirangkai, contoh dirumah, dikantor (salah, seharusnya di rumah dan di kantor).

Contoh: di, ke, dari, pada, daripada, dengan, secara, tanpa, bagi.

7. Ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan)
Contoh: daripada, sebagaimana, demikian halnya, berbeda dengan, seperti, serupa dengan.

8. Kata serapan
Dalam KBBI kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain berdasarkan kaidah bahasa penerima.

Contoh kata serapan:
a. Kata serapan dari bahasa daerah, contoh: ampuh (bahasa jawa), nyeri (bahasa sunda), acuh (bahasa Minangkabau).

b. Kata serapan dari bahasa asing, contoh: ekspor (dari bahasa Inggris), Jumat (dari bahasa Arab), bakwan (dari bahasa Cina), coklat (dari bahasa Belanda), dll.


Contoh Resensi Buku

1. Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Buku yang diresensi kali ini adalah buku non fiksi yang membahas pengalaman pribadi penulis. Berikut contoh resensi buku non fiksi yang bisa kamu cek:

Identitas Buku

  • Judul buku: God Explained in a Taxi Ride
  • Pengarang: Paul Arden
  • Penerbit: Perigee
  • Tahun Terbit: 2009
  • Tebal halaman: 123 halaman

Sinopsis Buku

Sejak awal peradaban, lebih banyak pikiran dicurahkan untuk memahami Tuhan dibanding topik lainnya. Namun tak seorang pun dapat memahaminya. Akhirnya buku kecil ini berhasil menjelaskan dalam sekali perjalanan naik taksi.

Isi Resensi:

Buku God Explained in a Taxi Ride ini menceritakan tentang pengalaman penulis bagaimana cara pandang ia tentang ketuhanan. Paul Arden adalah penulis beberapa buku tentang periklanan dan motivasi. Beberapa karya buku lainnya yang terkenal adalah Whatever You Think, Think The Opposite dan It’s Not How Good You Are, It’s How Good You Want To Be.

Dalam bukunya yang berisi filosofi ketuhanan menurutnya ini, Paul Arden tidak berusaha memberitahu mana agama yang benar dan salah. Ia lebih menekankan pada kepercayaan akan masing-masing orang di muka bumi, tentang bagaimana kepercayaan itu memengaruhi kepribadian dan tingkah laku.

Kelebihan Buku:

Paul Arden bisa membawakan karya ini dengan bahasa yang mudah dimengerti beserta ilustrasi-ilustrasinya. Meskipun ia memberikan pandangan pribadinya, tapi tidak ada kesan memojokkan kepercayaan tertentu, melainkan seolah Arden mengajak kita semua untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

Kekurangan Buku:

Meskipun judulnya seolah memberi kesan bahwa buku ini bisa dimengerti dalam sekali perjalanan taksi, tapi sebenarnya tidak semudah itu. Buku ini merupakan buku filosofi yang perlu dibaca oleh orang berpikiran terbuka dan perlu analisa lebih lanjut tentang apa yang dibaca.

2. Contoh Resensi Buku Fiksi

Tidak cuma buku non fiksi yang bisa kamu jadikan resensi, buku fiksi pun bisa lho. Berikut contoh resensi buku fiksi.

Identitas Buku

  • Judul Buku: Anak Kost-Kostan
  • Pengarang: Serena Tria
  • Penerbit: Pustaka Remaja
  • Tahun terbit: 2009
  • Tebal halaman: 341 halaman

Sinopsis Buku

Buku fiksi berupa novel dengan genre komedi ini terinspirasi dari kisah pribadi penulis yang dibalut dengan kisah fiksi. Beberapa kejadian penting jadi adegan-adegan ikonik yang bahkan sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Buku ini berkisah tentang kehidupan anak kost, dari tiga sudut pandang tokoh yang berbeda, Rena, Asri, dan Yana.

Rena adalah mahasiswa jurusan psikolog, pendatang dari Jawa Timur, tokoh ini terkenal sebagai tokoh yang punya logat daerah medok dan suka mengeluarkan celetukan-celetukan yang konyol. Asri, seorang apoteker yang baru saja putus cinta karena ditinggal menikah sang kekasih, jadi salah satu tokoh yang paling mellow dan sendu. Sedangkan Yana, seorang jurnalis televisi yang sibuk meniti karier sambil membiayai adiknya sekolah.

Ketiganya sering menghabiskan waktu bersama di kost-kostan dan selalu ada saja kejadian lucu yang terjadi di antara ketiganya. Tidak semua kisah lucu dalam buku ini diangkat dari kisah nyata, karena nyatanya buku ini adalah karya fiksi dari Serena.

Kelebihan Buku

Buku komedi ini bisa menceritakan sisi menyenangkan dan seru dari kehidupan kost-kostan, khas anak perkotaan. Lewat buku ini, pembaca yang hendak merantau pun diharapkan bisa mempersiapkan diri karena kisah-kisah dalam buku ini pun terinspirasi dari kisah nyata. Karakter Rena yang polos sangat menghibur, apalagi celetukannya yang terkesan tidak pandang situasi kondisi. Sementara karakter Asri digambarkan sebagai tipikal wanita muda yang sedang patah hati dan karakter Yana merupakan simbol dari feminisme masa kini, di mana seorang perempuan ikut bertanggung jawab menanggung beban keluarga.

Kekurangan Buku

Sayangnya, masih banyak kesalahan penulisan, pengetikan, dan tanda baca dalam buku ini. Ada beberapa adegan yang sebenarnya sangat lucu, tetapi karena penulis kurang bisa menyampaikan dengan baik, adegan pun jadi terkesan biasa saja. Butuh waktu dua kali untuk memahami apa maksud leluconnya.

3. Contoh Resensi Buku Pelajaran

Resensi buku juga bisa diberikan untuk buku pelajaran. Berikut contoh resensi buku pelajaran.

Identitas Buku

  • Judul: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX
  • Penulis: Atikah Anindiya Rini, Suwono, Suhartanto
  • Penerbit: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
  • Tahun terbit: Juli, 2008
  • Tebal halaman: 194 halaman

Sinopsis Buku

Buku pelajaran ini berisi informasi seputar bahasa Indonesia yang bisa dipelajari khusus untuk anak SMP kelas IX. Di dalamnya ada berbagai bentuk kegiatan, seperti memahami dialog interaktif, memahami wacana tulis, menulis iklan, dan meresensi. Ada juga kegiatan untuk mengarang, memahami syair, dan menilai isi cerpen.

Agar tidak bosan, penulis pun membuat beberapa tugas untuk siswa berupa memusikalisasi puisi, menulis cerpen, pidato, karya ilmiah, surat, dan memahami novel, serta menanggapi pementasan drama dan membuat teks drama.

Buku ini memang dikemas sebagai sarana pembagian ilmu oleh guru pada murid dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa SMP. Buku ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan belajar dan terampil bahasa Indonesia dan materinya sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru.

Kelebihan Buku

Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, sehingga siswa pun bisa belajar sendiri di rumah dengan mudah. Topik-topiknya pun berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, hingga jadi bisa lebih mudah dipahami siswa. Selain itu, kegiatan yang dianjurkan dalam buku ini sangat menarik sehingga kelas tidak akan jadi membosankan.

Kekurangan Buku

Buku ini menggunakan metode yang lebih menyarankan pada praktik seperti pelatihan dan apresiasi sastra. Alangkah lebih baiknya apabila di dalam buku diberikan sedikit teori, hanya sebagai dasar pengetahuan saja.

4. Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Identitas Buku

  • Judul: Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun
  • Penulis: Tiga Generasi
  • Penerbit: Wahyumedia
  • Tahun terbit: 2016
  • Tebal halaman: 392 halaman

Sinopsis Buku

Menjadi orang tua merupakan anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada kita. Tugas kita adalah menjaga dan merawat si buah hati dengan cinta dan kasih sayang. Buku ini akan membantu para orang tua dalam mengasuh bayi dengan cinta. Terdapat banyak tips dan pengetahuan bagi para orang tua agar bisa melakukan pengasuhan dengan benar sesuai dengan arahan pakar psikolog dan dokter anak yang menuangkan ilmunya dalam buku ini.

Itulah sekilas mengenai sinopsis dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun. Bagi orang tua baru, memiliki buku ini sangat bermanfaat. Sebab, di dalamnya ada banyak sekali informasi cara mengasuh sejak lahir hingga anak 3 tahun.

Meskipun buku pengetahuan, tapi buku ini dikemas dengan baik melalui ilustrasi dan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti. Selain itu, ada banyak sekali mitos dan fakta yang diutarakan dalam buku ini mengenai cara mengasuh anak.

Kelebihan Buku

Berbasis ilmiah, buku ini bisa menyampaikan maksudnya dengan sangat santai dan mudah dimengerti. Pembaca yang berstatus sebagai orang tua, apalagi orang tua baru tidak akan merasa dihakimi saat ketidaktahuan mereka dikoreksi dalam buku ini. Ilustrasi gambar yang ada di dalamnya pun sangat menghibur.

Kekurangan Buku

Bagi orang tua baru mungkin buku ini sangat membantu, tetapi bagi yang sudah memiliki anak sejak lama, buku ini terkesan banyak memberikan teori-teori yang sulit dilakukan pada anak. 

5. Contoh Resensi Buku Novel

Identitas Buku

  • Judul: I Love Your Secrets
  • Penulis: Gaby Kusuma
  • Penerbit: Elexa Printing
  • Tahun terbit: 2017
  • Tebal halaman: 123 halaman

Sinopsis Buku

Ray tidak bisa memungkiri perasaan aneh yang terus berkembang dalam benaknya setiap kali ia melihat Siska. Tetapi, Ray sadar bahwa dalam pembawaan Siska yang ceria, perempuan itu sebenarnya menyimpan rahasia kelam yang rasanya sulit untuk digali. Meski begitu, Ray tetap setia menjadi pendengar Siska di kala Siska membutuhkan. Lantas, apakah Siska punya perasaan yang sama dengan Ray?

Itulah sekilas mengenai sinopsis buku novel I Love Your Secrets. Buku ini memiliki dua karakter utama, yakni Ray dan Siska. Keduanya baru saja masuk kuliah di jurusan yang sama, yakni Psikologi. Ray dan Siska bertemu ketika mendapatkan tugas kelompok bersama.

Selama menjalankan tugas dengan Siska, Ray sebenarnya sadar kalau ia punya perasaan lebih dari sekadar teman. Tapi, sayangnya Siska kerap menjauhi Ray apalagi ketika Ray berusaha mengutarakan perasaannya. Sampai suatu hari, Ray tidak sengaja mendengar obrolan Siska dengan sang Mama di telepon, sedikit rahasia kelam Siska pun terdengar.

Kelebihan Buku

Penggambaran karakter Siska sangat kuat dalam buku ini, seolah mau menyuarakan bahwa meskipun Siska punya masa lalu yang kelam dan misterius, tapi tokoh ini punya dampak yang luar biasa bagi tokoh Ray dan kawan-kawan lainnya. Alur penulisan pun sangat halus, sehingga tidak ada kesan ‘loncat-loncat’ dari adegan ke adegan lain.

Kekurangan Buku

Meskipun karakter Siska terkesan kuat, namun sayangnya karakter ini tidak dimaksimalkan karena sepanjang novel penulis terkesan hanya peduli pada perasaan Ray. Padahal, karakter Siska bisa lebih berpotensi apabila dikembangkan lebih banyak.


*Sumber Rujukan: 

 Darmawati, Uti dan Y. Budi Artati. 2019. Bahasa Indoensia Wajib SMA Kelas XI semester 2 .      Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI (Cetakan Ke-2). Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

https://materibelajar.co.id/pengertian-resensi/

https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/contoh-resensi-buku/

 

52 komentar:

  1. Terimakasih aumi atas ilmunya sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. Terimakasih umii, blognya sangat bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  3. Terima kasih umi,blognya sangat mudah dimengerti

    BalasHapus
  4. terima kasih umi, blognya sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah dapat ilmu baru..
    Terima kasih untuk blognya, semoga bisa berguna untuk kedepannya.. :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih ummi atas ilmunya,blognya sangat bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Terima kasih umi atas materinya yang di sampaikan di blog ini dan sangat menamabah wawasan saya mi, Jazakillah mi

    BalasHapus
  9. Terima kasih umi atas materinya yang di sampaikan di blog ini dan sangat menamabah wawasan saya mi, Jazakillah mi

    BalasHapus
  10. Terima kasih umi atas ilmu yang bermanfaat ini..,semangat terus umi..

    BalasHapus
  11. Ade Aulia Ramadani
    Terima kasih umi atas ilmu yg bermanfat ini..,semangat terus umi..

    BalasHapus
  12. Nasyiwa Ulayya Ardani
    Terimakasih umi ilmunya sangat bermanfaat dan sangat menambah wawasan saya.Semangat umii

    BalasHapus
  13. Terimakasih umi,ilmunya bermanfaat 👍

    BalasHapus
  14. Terimakasih umi,ilmunya bermanfaat
    -Raissa adilla-

    BalasHapus
  15. syerly nur amelia dewi
    terimakasi umi, sangat bermanfaat ilmunya. Tetap semangat umi

    BalasHapus
  16. terimakasih ilmunya umi, sangat bermanfaat ttp semangat umi
    -salwa rizky nabilah

    BalasHapus
  17. Terimakasih umi telah menjelaskan materi tentang resensi.

    BalasHapus
  18. Terimakasih umi, ilmunya sangat bermanfaat.
    - Jihan Anisah Putri

    BalasHapus
  19. Terima kasih umi, ilmunya sangat bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  20. Terima kasih umi atas ilmu yang sudah di berikan ,sangat bermanfaat

    -ananda putry-

    BalasHapus
  21. Terima kasih umi, ilmunya sangat bermanfaat. Tetap semangat ya umi. - Nurul Aini (XI MIA V) -

    BalasHapus
  22. Terima kasih umi, ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  23. Terimakasih umi ilmunya sangat bermanfaat.(Afifah Thohiroh )

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat ummi

    BalasHapus
  25. Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat ummi

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat ummi(kiyfah mumtazah)

    BalasHapus
  27. Wahhh, terimakasih umi ilmu nya, sangat bermanfaat (Dian Rizky Xi Mia 4)

    BalasHapus
  28. Terimakasih umi,ilmunya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti.
    -siti firda kiasatina XI mia 4

    BalasHapus
  29. Terimakasih ilmunya, jadi lebih ngerti ( Farrahanim Pyka)

    BalasHapus
  30. Terimakasih ummi semoga ilmunya bermanfaat Aminatul Munawarah Siregar

    BalasHapus
  31. Terima Kasih umi untuk ilmunya yang bermanfaat dan mudah dimengerti.
    -Maysa Fazila-

    BalasHapus
  32. waw, sangat bermanfaat ummii, terimakasih -ditha fairuz

    BalasHapus
  33. Terimakasih umi ilmunya (Nasywa Lubna XI Mia 4)

    BalasHapus
  34. Terimakasih umi, ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  35. alhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat umi -Khairani Syifa-

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat umi -ismah mahmudah

    BalasHapus
  37. Alhamdullillah ilmu nya sangat berguna sekali umi☺️

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah umi, materi nya membantu sekali..

    BalasHapus
  39. Terimakasih umi, ilmu nya sangat bermanfaat dan mudah untuk di pahami😊
    ~dania tasyahputri, XI MIA 4

    BalasHapus
  40. Terimakasih umi, bahasany mudah dipahami dan sangat bermanfaat
    -Raisha Zahra , XI MIA 4

    BalasHapus
  41. Terimakasih umi , kata"nya mudah dipahami dan sangat bermanfaat
    -Raisha Zahra XI MIA 4

    BalasHapus
  42. Terima kasih umi,
    Blog nya mudah dipahami

    BalasHapus
  43. Terima kasih umi,
    Blog nya mudah dipahami

    BalasHapus
  44. Nurul Muthiah azzahro
    Terima kasih umi atas ilmu nya dan materi nya sangat mudah di pahami mi, Jazakillah ya mi

    BalasHapus
  45. Terimakadih umi,alhamdulillah paham

    BalasHapus
  46. Terima kasih umi atas ilmunya, insyaallah akan berguna

    BalasHapus